Mengapa Responsive Design Menjadi hal yang Krusial untuk website anda pada saat ini?

28 Maret 2017 - 08:48:52

Responsive image

mobile friendly website

Menurut laporan GlobalWebIndex quarterly report pada kuartal ketiga 2015 mengungkap bahwa lebih dari 80% pengguna internet memiliki smartphone.  Dan 2 dari 3 diantaranya mengakses konten media menggunakan 2 perangkat sekaligus, yaitu dengan menggunakan perangkat mobile dan juga desktop PC. Tren ini sendiri terus menunjukan penurunan pada hal penggunaan desktop browser untuk mengakses internet.

Dari sinilah diperkenalkannya responsive design oleh developer pada 2010 yang bertujuan meningkatkan kompatibilitas dengan berbagai macam perangkat yang ada di pasaran. Akan tetapi, apakah keunggulan dari responsive design adalah hanya kompatibilitas dengan bermacam perangkat? saatnya kita ketahui lebih dalam mengapa responsive design menjadi hal yang krusial untuk website anda pada saat ini.

Melebarkan Pasar

mobile friendly resposive website

Dengan semakin tinggi kompatibilitas website anda dengan berbagai perangkat yang ada di pasaran, maka akan ada lebih banyak pengguna yang berinteraksi dengan website anda. Dengan pertumbuhan pengguna internet yang berkisar hingga 10 - 15% pertahun, akan ada semakin banyak target audience untuk sasaran website anda.

Dengan pertumbuhan pengguna tersebut, secara linear juga terdapat pertumbuhan basis pengguna mobile internet yang sebagian diantaranya tidak menggunakan desktop browser karena berbagai alasan. Dengan begini, responsive design bukanlah lagi menjadi sebuah kesempatan semata, melainkan sebuah keharusan dari sebuah website demi menarik pengunjung. Dan semakin banyak pengunjung pastinya merupakan hal yang baik untuk toko online anda bukan?

Memenuhi Ekspektasi Pengguna

Kekuatan dari responsive design yang lain adalah bahwa website yang mobile friendly akan mampu di muat secara lebih gegas oleh browser mobile. Hal ini menjadi faktor kritis dalam zona dengan penetrasi internet dengan kecepatan yang masih tergolong lamban seperti berbagi wilayah di pelosok pedesaan Indonesia

Penggunaan responsive design juga akan membuat penggunaan website anda akan menjadi lebih mudah. Dengan kemudahan tersebut, jika diaplikasikan pada toko online anda pasti akan membuat user experience yang menyenangkan, sehingga secara tak langsung mereka akan menjadi ambassador untuk produk dari website anda karena merasa puas.

Mobile Friendly Berarti Ramah Google

Google selama ini selalu merubah algoritma pencariannya serta mencantumkan website yang mobile friendly lebih tinggi dibanding yang tidak mobile friendly. Logika dibaliknya sebenarnya cukup sederhana, yaitu selain menjamin kenyamanan dalam penggunaan dengan berbagai perangkat berbeda, secara teknis juga telah dioptimasi menggunakan kode yang terunifikasi sehingga lebih mudah di crawl oleh bot.